√ Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Sekolah Yang Benar

Konten [Tampil]
Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Sekolah - Sakit memang sebuah kendala yang tak bisa diatur oleh manusia. Meskipun sudah berusaha sebaik mungkin untuk menjaga kesehatan, namun jika sudah tiba saatnya tetap saja penyakit akan datang menghampiri. Karena kondisi tubuh yang memburuk, sering kali menjadikan aktifitas seseorang menjadi terganggu, baik pekerjaan, sekolah maupun kepentingan lainnya.

Bagi anak sekolah, ketika sedang sakit dan tak bisa berangkat sekolah harus menggunakan surat sakit tak berangkat sekolah yang ditulis oleh orang tua atau surat keterangan sakit dari dokter. Ya, karena jika tidak menggunakan surat, maka akan dicatat alpa atau membolos. Akan tetapi sayangnya masih sering dijumpai surat sakit izin tidak berangkat sekolah yang penulisannya salah. Hal ini bisa disebabkan karena beberapa faktor seperti.
Contoh Surat Sakit Tidak Masuk Sekolah
Contoh Surat Sakit Tidak Masuk Sekolah

1. Penggunaan bahasa

Karena surat izin tidak masuk sekolah dtermasuk surat resmi dan ditujukan kepada pihak sekolah sebagai instansi resmi , maka bahasa yang digunakan harus baku dam efektif. Hindari penggunaan kalimat yang bertele-tele.

2. Penggunaan tanda baca

Meskipun termasuk hal kecil, namun penggunaan tanda baca pada surat ijin sakit sangatlah penting. Karena penggunaan tanda baca yang tepat akan membuat surat ijin sakit yang anda buat menjadi lebih rapi dan mudah dibaca. Selain itu, tanda baca yang berguna sebagai penyambung juga akan mempengaruhi arti serta susunan kata.

3. Kerapihan

Selain berdasarkan penggunaan tanda baca, aspek pertama yang akan mempengaruhi kerapihan surat ijin sakit tidak masuk sekolah yang anda buat adalah tulisan tangan. Ya, karena tidak mungkin surat sakit tidak masuk sekolah dibuat dalam bentuk print out.

Untuk itulah usahakan jangan sampai ada coretan pada surat tersebut. Karena meskipun tulisan tangan anda tak begitu bagus, asalkan rapi akan tetap enak dipandang. 3 aspek tersebut harus benar-benar diperhatikan dengan benar. Lalu bagaiman susuan surat ijin sakit? Secara umum, surat sakit sama dengan surat ijin lainnya, yaitu terdiri dari beberapa bagian, antara lain yaitu.
  • Tempat dan tanggal, yaitu tempat pembuatan dan tanggal pembuatan surat
  • Yang dituju, catatan apabila menggunakan kata “Kepada” maka jangan gunakan kata “Yth” dan sebaliknya, jika anda menggunakan “Yth” maka jangan gunakan “Kepada”. Atau bisa dibilang pilih salah satu saja.
  • Salam pembuka, umumnya menggunakan kalimat “Dengan hormat”.
  • Pembuka, berisikan pembukaan atau sapaan kepada yang dituju. Dan biasanya hanya berupa 1 atau 2 kalimat saja. Dan susunan kalimat yang digunakan pun biasanya cukup singkat namun efektif.
  • Isi surat, berisikan tentang identitas anak dan apa tujuan membuat surat tersebut.
  • Penutup, berisikan permintaan maaf dan terimakasih atas perhatian yang diberikan pihak penerima surat (guru). Catatan, jangan pernah menggunakan kata-kata “nya” namun gunakan “bapak/ibu”. Sebagai contoh “terimakasih atas perhatian bapak/ibu guru”.
  • Tanda tangan wali murid.
Untuk lebih jelasnya, anda bisa mempelajari contoh surat ijin sakit tidak masuk sekolah buatan sendiri berikut ini.

Contoh Surat Sakit Ijin Tak Masuk Sekolah

                                                                                                              Wonosobo, 28 November 2016
Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII-A
SMA N 1 Merah Putih

Dengan hormat,
Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :

Nama   : Venicka
Siswa   : Kelas XII-A. SMA N 2 Pringsewu
Alamat : Jl. Raya Dieng  No. 04 Wonosobo

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut diatas tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Selasa 28 November 2016 dikarenakan sakit. Oleh karena itu, kami memohon pada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII-A agar memberikan izin.

Demikia yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,
Orang tua/Wali murid


Handy
Itulah Contoh Surat Sakit Tidak Masuk Sekolah atau surat ijin sakit yang bisa dijadikan referensi bagi para pembaca semua yang kebetulan sedang cari surat keterangan sakit dari internet karena berhalangan untuk berangkat tapi kebingungan bagaimana cara membuat suratnya.

0 Response to "√ Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Sekolah Yang Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel